TERSENYUMLAH, KARENA TERSENYUM ITU INDAH

Oleh Eko Jalu Santoso

“Senyum bukan saja membuat seseorang lebih bahagia dengan keadaan dirinya, tapi juga lebih mampu memikul tanggungjawab, lebih tangguh menghadapi kesulitan, dan lebih kreatif menyelesaikan masalah, serta lebih mampu memberikan hal-hal besar yang bermanfaat kepada dirinya sendiri dan orang lain.” – Ahmad Amin, Pemikir Mesir terkemuka –

Dikisahkan suatu hari, para karyawan sebuah pusat perbelanjaan besar menuntut kenaikan gaji kepada pimpinan perusahaanya. Dengan alasan tertentu, sang pimpinan perusahaan menolak tuntutan kenaikan gaji karyawannya. Lalu, para karyawan pusat perbelanjaan itu sepakat melakukan mogok senyum. Mulai dari satpam, pegawai penjualan, petugas kasir sampai dengan petugas parkirnya semuanya memasanga wajah cemberut dan melakukan mogok senyum kepada para pengunjung dan pembeli yang datang ke pusat perbelanjaan itu. Menurut Anda, apa dampaknya bagi perusahaan ? Yang pasti, kalau hal itu dilakukan dalam beberapa waktu, pengunjung atau pembeli akan mengalami penurunan drastis karena merasa tidak nyaman. Akibatnya omzet perusahaan itu pasti akan mengalami penurunan drastis dalam beberapa waktu mendatang.

Sahabat, demikianlah senyum meskipun nampak sederhana dan mudah sekali dilakukan oleh setiap orang, tetapi sesungguihnya memiliki dampak yang sangat luar biasa bagi kehidupan. Ilustrasi diatas hanyalah sekedar contoh bagaimana arti penting dan peran senyuman dalam kehidupan bisnis. Ya, tidak ada yang meragukan lagi makna dan peran penting senyuman bagi kehidupan kita sehari-hari. Kalau diuraikan mungkin memerlukan berlembar-lembar halaman. Apalagi di tengah-tengah derasnya masalah dan problematika kehidupan yang kini semakin banyak mendera masyarakat bangsa Indonesia ini. Ditengah-tengah semakin banyaknya kesulitan dan keresahan yang menerpa banyak orang, maka makna penting tersenyum atau arti pentingnya senyuman tidak perlu dipertanyakan lagi.

Menurut pendapat para ahli, senyum merupakan salah satu sebab yang paling kuat dalam mendorong produktivitas seseorang. Karena itu saya mengajak Anda semuanya untuk sering-sering tersenyum. Mulailah hari Anda dengan senyuman, karena itu akan mempengaruhi suasana hati Anda menjadi lebih semangat, lebih produktif dan lebih bahagia. Berusahalah untuk sering-sering tersenyum. Meskipun mungkin Anda sedang mengalami masalah dan kesulitan sekalipun, tetaplah tersenyum. Karena dengan tersenyum akan memberikan efek mengendurkan ketegangan pikiran sehingga dapat meringankan beban masalah dan kesulitan Anda.

Riset ilmiah membuktikan bahwa kebanyakan penyakit stress, saraf dan kejenuhan timbul ketika seseorang terlalu lama tenggelam dalam pekerjaan yang serius dan membebani pikiran. Itulah yang akhirnya membuat pikiran kita menjadi tegang, jenuh, sensitive, cepat tersinggung, bahkan menjadi mudah emosi dan naik darah. Salah satu cara mengatasinya adalah banyaklah tersenyum dan tertawa. Karena tersenyum dan tertawa adalah mekanisme pikiran yang dapat menghilangkan stress, banyak ketegangan dan memberikan efek relaksasi yang menyehatkan bagi setiap orang

Mulai sekarang buanglah jauh-jauh wajah cemberut Anda dan mengantinya dengan sering-sering tersenyum. Hadapilah kehidupan ini dengan senyuman. Ketika Anda memulai hari dengan tersenyum, sesungguhnya Anda sudah memulai langkah untuk menuju kesuksesan hari itu. Kalau ingin hidup anda damai, sejahtera dan bahagia. Lebih baik sering tersenyum dan menghadapi kehidupan ini dengan penuh senyuman. Tersenyum ataupun tertawa keduanya akan memberikan dampak positif bagi kehidupan Anda. Tetapi yang perlu diperhatikan, meskipun banyak tersenyum dan tertawa hendaknya tidak sampai meninggalkan keseriusan, kewibawaan dan sikap Anda yang sungguh-sungguh.

TERSENYUMLAH….TETAPI JANGAN SENYUM-SENYUM SENDIRIAN DI TENGAH KERAMAIAN.

Salam Motivasi Sukses Dan Mulia,

Categories: quantum motivasi | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: